Analisis jalur ialah suatu teknik untuk menganalisis hubungan sebab akibat yang tejadi pada regresi berganda jika variabel bebasnya mempengaruhi variabel tergantung tidak hanya secara langsung tetapi juga secara tidak langsung”. (Robert D. Retherford 1993). Sedangkan definisi lain mengatakan: “Analisis jalur merupakan pengembangan langsung bentuk regresi berganda dengan tujuan untuk memberikan estimasi tingkat kepentingan (magnitude) dan signifikansi (significance) hubungan sebab akibat hipotetikal dalam seperangakat variabel.” (Paul Webley 1997).
Ok, sekarang kita coba latihan ya… berikut ini data-datanya…
X1 | X2 | Y |
20,00 | 35,00 | 40,00 |
25,00 | 45,00 | 40,00 |
35,00 | 50,00 | 60,00 |
30,00 | 50,00 | 60,00 |
40,00 | 55,00 | 60,00 |
25,00 | 40,00 | 50,00 |
30,00 | 40,00 | 45,00 |
35,00 | 45,00 | 50,00 |
30,00 | 35,00 | 35,00 |
40,00 | 40,00 | 40,00 |
25,00 | 30,00 | 35,00 |
30,00 | 35,00 | 35,00 |
35,00 | 30,00 | 40,00 |
30,00 | 35,00 | 40,00 |
35,00 | 40,00 | 45,00 |
Kita masukkan data ke SPSS…
Dimana,,
X1 : Kebiasaan Belajar
X2 : Motivasi Berprestasi
Y : Prestasi
Rumusan Masalahnya adalah:
- Apakah Aada pengaruh Kebiasaan Belajar (X1) terhadap motivasi berprestasi (X2) secara langsung?
- Apakah ada pengaruh Kebiasaan Belajar (X1) dan motivasi berprestasi (X2) terhadap prestasi (Y) secara simultan?
- Apakah ada pengaruh Kebiasaan Belajar (X1) terhadap prestasi (Y) secara parsial?
- Apakah ada pengaruh langsung motivasi berprestasi (X2) terhadap prestasi (Y) secara langsung?
- Apakah ada pengaruh secara tidak langsung Kebiasaan belajar (X1) terhadap prestasi (Y) melalui motivasi berprestasi (X2)?
Dan penyelesaiannya adalah…
Tahap 1:
Kita regresikan dulu antara X1 dan X2.
- Klik Analyse
- Pilih Regression >> Pilih Linier
- Pada kolom dependent variable masukkan variabel X2
- Pada kolom independent variable masukkan variabel X1
- Biarkan methode tetap pada pilihan Enter
- Klik OK
dan hasilnya bisa di download di ...http://www.ziddu.com/download/13456513/jalur1.zip.html
Untuk penyelesaian rumusan masalah 1:
Lihat bagian Coefficient
Dari table coefficient diatas diperoleh sig > 0,05 (0,128 > 0,05) sehingga H0 diterima, maka tidak ada pengaruh X1 terhadap X2 secara langsung.
Untuk menjawab rumusan masalah yang ke-2 dan seterusnya lakukan regresi kembali dengan langkah sebagai berikut:
- Klik Analyse
- Pilih Regression >> Pilih Linier
- Pada kolom dependent variable masukkan variabel Y
- Pada kolom independent variable masukkan variabel X1, X2.
- Enter
- Klik OK
datanya di http://www.ziddu.com/download/13456728/AnalisisJalur.zip.html
dan ouputnya di ...http://www.ziddu.com/download/13456727/jalur2.zip.html
Penyelesaian rumusan masalah ke-2 dan seterusnya..
2. Apakah ada pengaruh X1 dan X2 thd Y secara simultan?
dari tabel annova diatas diperoleh sig = 0,000 < style="color: rgb(255, 0, 0);">maka ada pengaruh X1 dan X2 thd Y secara simultan.
3. Apakah ada pengaruh X1 terhadap Y secara parsial?
Dari tabel Coefficients diatas diperoleh sig X1 = 0,885. karena sig X1 > 0,05 (0,885 > 0,05) maka H0 diterima, sehingga tidak ada pengaruh X1 terhadap Y secara parsial.
4. Apakah ada pengaruh langsung X2 terhadap Y?
lihat kembali coefficients...
Dari tabel Coefficients diatas diperoleh sig X2 = 0,000. karena sig X2 <> 0,05) maka H0 ditolak, sehingga ada pengaruh langsung X2 terhadap Y.
5. Apakah ada pengaruh secara tidak langsung X1 thd Y melalui X2?
lihat tabel corelasi diatas,, khusus yang bertanda pink...
nah,, pada tabel terlihat bahwa pengaruh kebiasaan belajar (X1) terhadap motivasi berprestasi (X2) = 0,411,, sedangkan pengaruh motivasi berprestasi (X2) terhadap prestasi (Y) = 0,875. Sehiggga untuk mendapatkan nilai Pengaruh tidak langsung dengan cara :
Mengalikan keduanya yaitu : 0,411*0,875 = 0,359.
So, Pengaruh Tidak Langsungnya adalah 0,359
Sedangkan Pengaruh Langsung kebiasaan Belajar (X1) terhadap Prestasi (Y) = 0,378.
Berdasarkan hasil perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh secara tidak langsung X1 terhadap Y melalui X2, karena Pengaruh Tidak Langsung < style="line-height: 150%;" size="12pt">
Save the Queen blogspot template is the first template I have created. This is free, supported and ready for download. If you have any questions feel free to leave your comment on my weblog. Hope you like it. Enjoy!
ANALISIS JALUR (PATH)
Blog Archive
-
►
2010(20)
- ► 12/19 - 12/26(2)
- ► 10/31 - 11/07(2)
- ► 10/24 - 10/31(2)
- ► 10/03 - 10/10(1)
- ► 09/19 - 09/26(1)
- ► 09/12 - 09/19(1)
- ► 07/11 - 07/18(2)
- ► 07/04 - 07/11(3)
- ► 06/20 - 06/27(1)
- ► 04/18 - 04/25(1)
- ► 04/11 - 04/18(4)
Popular Posts
-
Sobat, Sebelumnya ane mo ngucapin Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H., Mohon Ma'af Lahir dan Batin. TaqobbalaLLahuminna waminkum taqobb...
-
bro., sis., gj... ini adalah logo baru PGSD Unikan Malang., dengan logo baru ini semoga semakin berjaya... makna logo diatas akan ane publis...
-
090401140007 SHANTI SURYA WIBOWO PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIDATO DI SEKOLAH DASAR BERDASARKAN PERTIMBANGAN MULTIPLE IN...
-
Pencil adalah software animasi / gambar untuk Mac OS X, Windows, dan Linux. Hal ini memungkinkan Anda membuat animasi gambar tangan tradi...
-
Bagi para GJ yang lagi banyak tugas khususnya di PGSD yang anget2nya bahas pengantar kurikulum, bisa donlot UU No. 20 Th. 2003 ttg Sisdikna...
-
(Font model P. Dim).. hee..he.. Kelompok 1 --> RP PKn SD Kelas 1 090401140001 NAYLA ANVIKA RAMADANI 090401140003 IWAN BUDIONO 090...
-
Untuk temen-temnku... http://www.youtube.com/
-
Repair dan Recover Windows 7/Vista/XP Setelah Serangan Virus Hal ini tidak mudah untuk memperbaiki atau sepenuhnya recover komputer dan sis...
-
download di http://www.4shared.com/file/3AcHOQeL/yasin_covers.html contoh cover surat yasin, sebenernya bukan asli bikinanku. aku nyedot tem...
-
by Yanuar Eko A on Thursday, January 27, 2011 at 11:19am Kapitalisme kampus Universitas Kanjuruhan Malang,, Syarat Heregistrasi: SPP, DPP, ...
Add your comment below